……::Proxy Server::………

a.Pengertian : Server yang berfungsi untuk menyimpan alamat-alamat favorit pengguna sehingga pengguna dapat mengakses website favoritnya dengan lebih cepat. Proxy server yang dirancang untuk melayani jaringan komputer lokal untuk melakukan koneksi secara tidak langsung ke jasa layanan jaringan yang lain atau ke internet. Proxy server menyediakan sebuah mekanisme dimana pemanggilan fungsi yang disediakan oleh suatu objek tidak dilakukan secara langsung, melainkan melalui proxy. Proxy berfungsi sebagai gerbang akses untuk objek-objek yang berada di belakang proxy, proxy menyediakan interface tunggal untuk mengakses berbagai objek, akses ke fungsi yang disediakan objek-objek tersebut menjadi lebih mudah di pelihara, dan pengguna tidak perlu tahu detail dari fungsi-fungsi yang diakses.

Karakteristik :

Firewalling dan Filtering

Beberapa Administrator Jaringan menggunakan firewall dan Proxy Server untuk bekerja secara bersama-sama. Untuk menerapkan konsep ini, harus menginstal kedua-duanya firewall dan perangkat lunak Proxy server pada suatu Gateaway server. kemampuan Proxy Server relatif cerdas dibandingkan Router biasa.

Sharing Koneksi

Sharing koneksi ke internet di dalam suatu jaringan komputer memerlukan media sebagai penghubung antara jaringan lokal dengan internet yang dinamakan Proxy Server. Dengan konsep ini akses ke internet menjadi lebih cepat dan terkontrol, misalnya saja Komputer mana saja yang bisa Web browser atau yang hanya bisa menggunakan E-mail saja dll. Proxy dapat menyembunyikan IP Address, karena hanya IP komputer proxy yang terlihat dari internet.

Web Caching

Penyimpan hasil browser pada Proxy Server memberikan nilai yang lebih pada sharing koneksi internet, karena akan mengurangi waktu dan bandwidth yang digunakan untuk membuka sebuah halaman web sites. Halaman web sites yang telah dibuka sebelumnya disimpan di virtual memory Proxy Server kemudian akan diteruskan ke user, jadi user tidak perlu menunggu lama untuk sebuah koneksi.

c.Contoh Penerapan : Aplikasi untuk mengelola Proxy Server ini menggunakan berbagai macam software antara lain : Winroute, Wingate, ISA Server dan lain-lain. Sebagai contoh, Proxy Web Server dapat memeriksa URL dari permintaan untuk Halaman web dengan memeriksa HTTP GET dan POST Messages. Dengan menggunakan fitur firewalling dan filtering, Administrator dapat menghalangi akses ke suatu WebSites yang dianggap ilegal. Demikian juga untuk lalu lintas data router biasa dapat menyaring nomor port atau IP, tetapi Proxy server dapat juga menyaring didasarkan atas aplikasi didalam proxy itu sendiri.

……..::Mail Server::……

a. Pengertian : Mail Server adalah Perangkat lunak program yang mendistribusikan file atau informasi sebagai respons atas permintaan yang dikirim via email, juga digunakan pada bitnet untuk menyediakan layanan serupa FTP.
b. Karakteristik : Mail server memiliki protokol berbeda dalam pengiriman dan penerimaan mail dari dan ke terminal client. Protokol SMTP digunakan client pengirim mail untuk mengirimkan emailnya ke ISP atau penyedia layanan mail tujuan. SMTP menggunakan Port 25. Protokol SMTP juga digunakan untuk transfer mail antar server penyedia layanan. Sedangkan protokol POP3 digunakan untuk mengambil pesan dari server mail kita. Protokol ini menggunakan Port 110.
c. Contoh Penerapan : Pengguna internet, POP bukanlah suatu barang baru. Dengan menggunakan POP, seseorang mendapat kemudahan untuk mendapatkan mail miliknya dari sebuah mail server, tanpa perlu koneksi yang lama dengan internet yang tentu saja memakan biaya. Client dan server merupakan bagian dari arsitektur yang banyak digunakan pada implementasi layanan internet. Arsitektur ini biasa disebut sebagai client/server architecture. Pengertian client pada pembahasan tentang POP3 ini adalah pihak yang menggunakan layanan POP3 dan server adalah pihak yang menyediakan layanannya.

……::Web Server::……

a. Pengertian : Web Server adalah Suatu program (dan juga mesin yang menjalankan program) yang mengerti protokol HTTP dan dapat menanggapi permintaan-permintaan dari web browser yang menggunakan protokol tersebut.
b. Karakteristik : Web server menyediakan alokasi tertentu mulai dari kapasitas penyimpanan di dalamnya, bandwidth maksimal arus data masuk maupun keluar, dan batas maksimal bandwidth secara komulatif. Suatu web server dapat dibangun untuk melayani jaringan lokal saja atau bisa juga diluncurkan ke internet untuk dapat diakses oleh semua pihak. Suatu web server memiliki engine tertentu yang memilah-milah data di dalamnya menjadi halaman-halaman yang akan ditampilkan sesuai permintaan dari client.
c. Contoh Penerapan : Suatu halaman web diakses dengan suatu perintah standard yang disebut URL (Universal Resource Locator). URL ini terdiri dari beberapa bagian antara lain:
Protokol yang digunakan. Bisa http, https, dan lain-lain.
Mesin letak informasi. Berisi domain name atau alamat IPnya
Port. Berisi port dari protokol yang digunakan
4. Sub directory dan nama file yang kita inginkan.
Pembangunan web server pada umumnya dilakukan dengan menggunakan program Apache. Contoh aplikasinya adalah Xampp, Appserv dan lain-lain.